Teknik Editing Pada Film Fiksi Salah Pati
Main Authors: | I Made, Wira Sanjaya, I Dewa Made, Darmawan, Ni Kadek, Dwiyani |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed |
Terbitan: |
ISI Denpasar
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.isi-dps.ac.id/2819/ http://download.isi-dps.ac.id/index.php/category/80-ta-ftv?download=2946:teknik-editing-pada-film-fiksi-salah-pati |
Daftar Isi:
- Salah Pati merupakan suatu peristiwa kematian yang tidak diduga-duga atau yang tidak dikehendaki. Kematian secara tidak wajar ini menjadi ide dasar pembuatan film. Pesan yang ingin disampaikan dalam film Salah Pati yaitu agar penonton khususnya masyarakat Bali paham tentang makna dari kematian Salah Pati melalui konsep editing yang pencipta terapkan. Sebelum menerapkan konsep editing, pencipta terlebih dahulu melakukan riset terkait fenomena Salah Pati di masyarakat dengan menggunakan metode wawancara dan observasi ke lapangan. Konsep editing yang digunakan pada film Salah Pati adalah kesinambungan cerita dan menciptakan ketegangan. Pencipta mewujudkan konsep kesinambungan cerita menggunakan teknik continuity editing menurut Anton Mabruri dengan memakai aturan 180°, shot / reverse-shot, eyeline match, point of view (pov) cutting, cut-in & cut away. Tujuan penggunaan teknik ini untuk membuat penonton merasa nyaman dan mengerti dengan alur cerita pada film Salah Pati. Sedangkan konsep ketegangan menggunakan teknik dimensi ritmis menurut Kusen Dony, untuk memadukan tempo gambar dan suara yang tentunya medukung suasana ketegangan. Hasil dari film ini sebagai media yang bersifat menghibur, Munculnya ide pembuatan karya film ini dari menonton film, membaca literasi, dan dari hasil diskusi dari tiap divisi produksi, sehingga menghasilkan sebuah karya film yang berjudul Salah Pati. Kata kunci: Teknik editing, Film Salah Pati