Pembelajaran Tari Sekar Jempiring Pada Pengembangan Diri (Ektrakurikuler) Di SMA Negeri 8 Denpasar

Main Authors: Ni Made, Widya Novrita, NI Wayan, Mudiasih, Rinto, Widyarto
Format: Monograph NonPeerReviewed
Terbitan: ISI Denpasar , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.isi-dps.ac.id/2719/
http://download.isi-dps.ac.id/index.php/category/78-ta-sendratasik?download=2818:pembelajaran-tari-sekar-jempiring-pada-pengembangan-diri-ekstrakurikuler-di-sma-negeri-8-denpasar
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memiliki 3 (tiga) aspek yakni, bentuk dan karakteristik Tari Sekar Jempiring, proses pembelajaran serta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Tari Sekar jempiring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Tari Sekar Jempiring di SMA Negeri 8 Denpasar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori pembelajaran, faktor-faktor masalah belajar dan teori estetika. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tekhnik deskriptif dengan mendeskripsikan segala data yang diperoleh di lapangan secara rinci dan jelas, yaitu data primer berasal dari hasil penelitian di lapangan dan hasil wawancara dan data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal, skripsi, dan sumber pustaka lainnya yang terkait dengan penelitian. Proses pembelajaran Tari Sekar Jempiring di SMA Negeri 8 Denpasar menggunakan 4 (empat) tahapan pembelajaran, yaitu : tahap persiapan (preparation), penyampaian (presentation), latihan (practice), dan penampilan hasil (performance). Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran Tari Sekar jempiring ada 2 (dua) faktor, yaitu faktor pendukung yang terdiri dari faktor internal berupa faktor siswa, minat, bakat dan kesiapan, sedangkan faktor eksternal berupa faktor metode mengajar, relasi guru dengan siswa dan keadaan gedung. Faktor penghambat terdiri dari faktor internal yaitu, faktor perhatian siswa dan kelelahan, dan faktor eksternal berupa faktor keadaan gedung dan waktu sekolah. Kata Kunci: Tari Sekar Jempiring, Pembelajaran, Faktor Pendukung dan Penghambat