Studi Tentang Proses Pembelajaran Tari Margapati Siswa Kelas IX Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMP Negeri 5 Denpasar
Main Authors: | Ni Made, Ayu Sujaniasih, Rinto, Widyarto, Ni Wayan, Iriani |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed |
Terbitan: |
ISI Denpasar
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.isi-dps.ac.id/2714/ http://download.isi-dps.ac.id/index.php/category/78-ta-sendratasik?download=2817:studi-tentang-proses-pembelajaran-tari-margapati-siswa-kelas-ix-pada-kegiatan-ekstrakurikuler-di-smp-negeri-5-denpasar |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengkaji proses pembelajaran tari Margapati pada kegiatan ekstrakurikuler siswa kelas IX di SMP Negeri 5 Denpasar dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi proses pembelajaranya. Tujuanya mendeskripsikan dalam membangkitkan minat dan memperdalam bakat dalam pembelajaran tari Margapati, dan penghambat proses pembelajarannya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Tahapan penelitian yang dilalui yaitu, rancangan penelitian, lokasi penelitian, penentuan jenis data dan sumber data, instrumen penelitian, metode pengumpulan data, teknik analisis data, dan penyajian hasil analisis data. Hasil penelitian tentang Pembelajaran Tari Margapati Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa Kelas IX Di SMP Negeri 5 Denpasar sebagai upaya menambah pemahaman pengetahuan, dan alat ukur penyampaian informasi kepada seluruh warga sekolah. Proses pembelajaran tari Margapati melalui kegiatan di luar sekolah dalam mata pembelajaran seni budaya dapat meningkatkan bakat, minat, keterampilan siswa ke arah kemampuan mandiri, percaya diri dan kreatif dalam bidang seni tari. Proses pembelajaran melalui empat tahapan pembelajaran seperti persiapan, penyampain, pelatihan, dan penampilan. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran seni tari pada siswa kelas IX pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 5 Denpasar adalah faktor pendukung berupa faktor internal seperti, siswa dan guru, sedangkan dari faktor eksternal, keluarga dan sekolah, yaitu berupa sarana dan prasarana, lingkungan masyarakat dalam sanggar dan media massa. Faktor penghambat internal seperti, siswa, guru, dan faktor eksternal, lingkingan sekolah yaitu dari kebijamkan penambahan waktu dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler tari. Kata Kunci: ekstrakurikuler, tari Margapati, faktor pendukung dan penghambat.