Pembelajaran Seni Tari Dengan Rangsang Gerak Fauna Pada Siswa Kelas VIII 2 Di SMP Negeri 7 Denpasar
Main Authors: | I Gede, Krisna Pratama, Rinto, Widyanto, NI Wayan, Mudiasih |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed |
Terbitan: |
ISI Denpasar
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://download.isi-dps.ac.id/index.php/category/78-ta-sendratasik?download=2786:pembelajaran-seni-tari-dengan-rangsang-gerak-fauna-pada-siswa-kelas-viii-2-di-smp-negeri-7-denpasar http://repo.isi-dps.ac.id/2649/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang proses pembelajaran, hasil pembelajaran serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam melaksanakan pembelajaran seni tari dengan rangsang gerak fauna pada siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 7 Denpasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu megembangkan sebuah proses pembelajaran berlandaskan kurikukum 2013 (K-13). Penelitian ini bermanfaat sebagai referensi bagi dalam ilmu pengetahuan. Kajian tentang pembelajaran seni tari dengan rangsang gerak fauna, hasil pembelajaran serta faktor yang mendukung dan menghambat dalam pembelajaran seni tari dengan rangsang gerak fauna pada siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 7 Denpasar ini menggunakan tiga teori: teori belajar, teori estetika, dan teori faktor belajar. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode studi kepustakaan, serta menggunakan metode analisis data berupa analisis deskriptif. Pengembangan pembelajaran ini merupakan upaya pengembangan pembelajaran sekaligus pendukung materi inti yaitu gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga dari pelajaran seni budaya di SMP Negeri 7 Denpasar. Dalam penerapan pembelajaran seni tari dengan rangsang gerak fauna ini menerapkan pula beberapa metode yang mendukung, antara lain: metode pendekatan saintifik (5M yaitu Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar, dan Mengkomunikasikan), dan metode eksperimen penciptaan tari kreasi oleh I Komang Adi Pranata (Metode Imitasi, Metode Matematik, Metode Karakter, dan Metode Transisi). Metode Project Based Learning diterapkan juga dalam pembelajaran ini, berupa tugas proyek dengan menugaskan siswa untuk menciptakan sebuah tarian sederhana dengan rangsang gerak fauna berdurasi 2-3 menit. Dengan adanya pengembangan pembelajaran tersebut, pembelajaran seni tari menjadi lebih inovatif dan tentunya menarik bagi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran. Kata Kunci: rangsang gerak fauna, pembelajaran saintifik, metode eksperimen penciptaan tari kreasi.