ARTIKEL KARYA SENI PROSES PEMBELAJARAN SENI KARAWITAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 WANASARI TABANAN

Main Author: Ida Bagus , Adi Baskara
Format: Monograph NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: ISI Denpasar , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.isi-dps.ac.id/2415/1/COVER.pdf
http://download.isi-dps.ac.id/index.php/category/78-ta-sendratasik?download=2284:artikel-karya-seni-proses-pembelajaran-seni-karawitan-di-sekolah-dasar-negeri-1-wanasari-tabanan
http://repo.isi-dps.ac.id/2415/
Daftar Isi:
  • Menciptakan manusia Indonesia yang unggul dan berkarakter merupakan salah satu tantangan dan keharusan dalam menghadapi era globalisasi. Upaya ini salah satunya dilakukan dengan melestarikan budaya kita khusunya budaya Bali melalui proses pembelajaran seni karawitan Gong Kebyar yang dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 1 Wanasari Tabanan. Penelitian ini mengkaji proses pembelajaran, hasil proses pembelajaran; serta hambatan dalam proses pembelajaran seni karawitan di Sekolah Dasar Negeri 1 Wanasari Tabanan. Penelitian ini bertujuan untuk dapat memahami dan mengetahui secara benar tentang proses, hambatan, dan hasil dari pembelajaran seni karawitan gamelan Gong Kebyar di Sekolah Dasar Negeri 1 Wanasari Tabanan. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang pembelajaran seni karawitan gamelan Gong Kebyar di Sekolah Dasar Negeri 1 Wanasari Tabanan. Penelitian yang berlokasi di Tabanan ini dilakukan dengan metode kualitatif, dianalisis dengan teori pembelajaran dan teori belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, proses pembelajaran seni karawitan Gamelan Gong Kebyar di Sekolah Dasar Negeri 1 Wanasari Tabanan ini menggunakan media Gamelan Gong Kebyar itu sendiri dan dalam proses pembelajarannya menggunakan metode ceramah dan metode demonstrasi (praktik). Hasil Proses Pembelajaran Seni Karawitan Gamelan Gong Kebyar ini dipentaskan saat acara perpisahan sekolah, upacara piodalan sekolah dan acara event-event lainnya. Hambatannya berupa faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari diri si pembelajar/siswa dan faktor eksternalnya berasal dari lingkungan sekitar siswa. Kata Kunci : Proses Pembelajaran, Seni Karawitan