PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG
Main Authors: | Handayani, Harti, Retnaningdyastuti, Retnaningdyastuti, Roshayanti, Fenny |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Magister Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
, 2020
|
Online Access: |
http://journal.upgris.ac.id/index.php/jmp/article/view/5378 http://journal.upgris.ac.id/index.php/jmp/article/view/5378/2965 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh peran Kepala Sekolah terhadap kepuasan kerja guru, (2) mengetahui pengaruh iklim organisasi terhadap kepuasan kerja guru, dan (3) mengetahui pengaruh peran Kepala Sekolah dan iklim organisasi secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja guru Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Tengaran Kabupaten semarang.Populasi penelitian 320 guru SD Negeri di kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Sampel 76 guru yang dipilih secara proporsional random sampling. Pengambilan data melalui kuesioner. Uji validitas, reliabilitas, normalitas data, linearitas, multikolinearitas, heterokedastisitas, uji regresi tunggal dan regresi ganda menggunakan SPSS for windows 21. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan (1) pengaruh peran KepalaSekolah terhadap kepuasan kerja guru sebesar 33,7% dengan persamaan regresi Ŷ=77,556 + 0,248 X1, (2) pengaruh iklim organisasi terhadap kepuasan kerja guru sebesar 29,8 % dengan persamaan regresi Ŷ= 63,114 + 0,483 X2, dan (3) pengaruh peran Kepala Sekolah dan iklim organisasi secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja guru sebesar 37,4%, persamaan regresi dengan koefisien positif Ŷ= 62,504 + 0,166 X1+ 0,239 X2Saran penelitian (a) dinas pendidikan hendaknya melakukan monitoring terhadap kinerja Kepala Sekolah secara terprogram, membuat program pengukuran iklim organisasi sekolah, memonitoring dan evaluasi kedisiplinan guru serta melakukan pembinaan kepala sekolah dan guru secara intensif (b) kepala sekolah hendaknya memperkuat iklim organisasi sekolah sehingga tercipta kegiatan belajar mengajar yang lebih kondusif, serta melibatkan guru dalam setiap pengambilan keputusan (c) guru hendaknya meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan dalam bekerja untuk mewujudkan kegiatan KBM yang lebih baik dan mendukung program kerja kepala sekolah.