Penerapan observe and remember games untuk meningkatkan penguasaan kosa kata (vocabulary) mahasiswa pada pembelajaran reading

Main Author: Jumrah, Jumrah
Other Authors: Jumarim, Jumarim, Faizah, Faizah, Aziz, Ahmad Amir, Saparudin, Saparudin
Format: BookSection PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Pusat Penelirtian dan Penerbitan LP2M IAIN Mataram , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.uinmataram.ac.id/909/1/909.pdf
http://repository.uinmataram.ac.id/909/
Daftar Isi:
  • INDONESIA Keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh mahasiswa. Namun, fakta di lapangan menunjukkan sebagian besar mahasiswa Jurusan PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Mataram kurang mampu memahami teks bacaan dalam Bahasa Inggris. Ini dibuktikan dengan 60% nilai rata-rata mahasiswa pada mata kuliah Matrikulasi Bahasa Inggris I khususnya pada pembelajaran reading di semester sebelumnya masuk kategori tidak cukup (insufficient). Hal ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan dasar membaca, penguasaan kosakata, penguasaan teknik dan strategi membaca dalam bahasa inggris, serta ketidakpahaman mahasiswa terhadap struktur organisasi teks. Dari beberapa penyebab diatas, penguasaan kosakata merupakan salah satu faktor paling dominan yang menjadi penyebab sebagian besar mahasiswa PGMI kurang mampu memahami teks bacaan dalam bahasa inggris. Oleh karena itu, penguasaan kosakata dalam pembelajaran reading harus menjadi perhatian utama ketika ingin meningkatkan kemampuan pemahaman membaca teks berbahasa inggris. Penguasaan kosakata tidak boleh disampaikan secara konvensional seperti menugaskan mahasiswa menghafalkan beberapa kata dalam tiap pertemuan kemudian dihafalkan pada pertemuan berikutnya, namun harus disampaikan dengan cara-cara yang menarik perhatian sehingga mahasiswa sangat antusias melaksanakannya dan tidak terkesan membebani mereka. Cara menarik tersebut salah satunya yaitu dengan menggunakan games. Games yang digunakan harus sesuai dengan tujuan pembelajaran. Berdasarkan hal diatas, peneliti ingin meneliti tentang penerapan observe and remember games untuk meningkatkan penguasaan kosakata (vocabulary) Mahasiswa Jurusan PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Mataram pada pembelajaran reading.