Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Analisis Real Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa

Main Author: Kristayulita, Kristayulita
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M IAIN Mataram , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uinmataram.ac.id/907/1/907.pdf
http://repository.uinmataram.ac.id/907/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan pengalaman mengajar mata kuliah Analisis Real, telah ditemu-kenali masalah yang dialami mahasiswa adalah kesulitan dalam memperoleh buku ajar “Analisis Real”. Walaupun buku teks ditemukan, isi buku teks Analisis Real masih menggunakan bahasa Inggris. Hal ini yang membuat mahasiswa sangat sulit memahami materi pada mata kuliah Analisis Real. Mahasiswa harus menerjemahkan isi buku teks ke dalam bahasa Indonesia terlebih dahulu agar materi Analisis Real cepat dipahami. Berdasarkan tuntutan GBPP, mata kuliah Analisis Real menuntut memiliki buku ajar sedikitnya memuat tentang: (1) Himpunan dan Fungsi, Induksi Matematika, Finite dan Infinite (2) Sistem Bilangan Real (Sifat Aljabar Bilangan Real, Sifat Urutan Bilangan real, Nilai Mutlak, Sifat kelengkapan Bilangan Real, Interval Bersarang), (3) Barisan Bilangan Real (Barisan dan Limit, Barisan Monoton, Subbarisan dan Teorema Bolzano-Weiestrass, Kriteria Cauchy), (4) Limit Fungsi, dan (5) Deret Bilangan Real (Uji Kekonvergenan Deret, Deret Ganti Tanda, Deret Pangkat, Deret Taylor) serta buku-buku lain yang berkaitan dengan Analisis Real. Mata kuliah Analisis Real merupakan salah satu matakuliah pada Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Mataram berdasarkan pengembangan kurikulum 2007. Analisis Real merupakan mata kuliah lanjutan yang harus dipelajari oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika. Memprogramkan mata kuliah Analisis Real setidaknya mahasiswa harus sudah lulus mata kuliah Kalkulus 1, Kalkulus 2, Kalkulus Lanjut, Pengantar Dasar Matematika, dan Aljabar Abstrak. Belajar mata kuliah Analisis Real bukan lagi bersifat aplikasi melainkan bersifat abstrak. Nasution (2005:103) mengemukakan bahwa buku pelajaran merupakan salah satu alat teknologi pendidikan yang memberi keuntungan antara lain: (1) membantu guru melaksanakan kurikulum, (2) pegangan dalam menentukan metode pengajaran, (3) memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengulangi pelajaran atau mempelajari pelajaran baru, dan (4) memberikan kontinuitas pelajaran di kelas yang berurutan sekalipun guru berganti. Begitu pula Tarigan (dalam Haryadi, 2003:170) mengemukakan bahwa buku teks adalah sarana belajar yang biasa digunakan di sekolah-sekolah dan di Perguruan Tinggi untuk menunjang suatu program pengajaran. Dilihat dari manfaat buku ajar di atas, semakin menyakinkan bahwa pengembangan bahan ajar Analisis Real adalah sangat penting dan mendesak untuk dilaksanakan. Dengan pengembangan bahan ajar secara sistemik dan berkesinambungan akan dihasilkan buku ajar Analisis Real yang sangat dibutuhkan khususnya oleh mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika tersebut, sehingga kesulitan- kesulitan mahasiswa dalam memiliki buku ajar akan dapat segera diatasi, sehingga motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa diharapkan dapat meningkat.