Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah bermuatan karakter dan kecerdasan naturalis terhadap literasi sains siswa

Main Author: Suhirman, Suhirman
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: IKIP Mataram , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinmataram.ac.id/837/1/Pembelajaran%20Berbasis%20Masalah.pdf
http://repository.uinmataram.ac.id/837/2/HASIL%20PENILAIAN%20SEJAWAT%20SUHIRMAN.pdf
http://repository.uinmataram.ac.id/837/
http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/bioscientist/index
https://doi.org/10.33394/bjib.v8i1.2805
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah bermuatan berkarakter dan kecerdasan naturalis terhadap literasi sains siswa. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan treatment by Level 2 x 2. Perlakuan pembelajaran meliputi pembelajaran berbasis masalah bermuatan karakter (PBM-MK) dan pembelajaran berbasis masalah (PBM) yang masing-masing diberikan pada kelompok siswa dengan kecerdasan naturalis tinggi dan kecerdasan naturalis rendah. Sampel penelitian dibagi menjadi dua kelompok yang ditentukan secara acak pada dua sekolah di Kota Mataram, yaitu Madrasah Aliyah Negeri 2 Mataram dan Madrasah Aliyah NW Nurul Jannah Ampenan. Data literasi sains siswa dianalisis secara statistik deskriptif untuk mendapatkan gambaran mengenai level literasi sains siswa, serta uji ANOVA untuk menguji hipotesis penelitian pada taraf signifikansi 0.05. Hasil studi ini menunjukkan bahwa literasi sains siswa yang diajarkan dengan PBM-MK secara signifikan lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan PBM, dan siswa dengan kecerdasan naturalis tinggi secara signifikan lebih tinggi literasi sainsnya daripada siswa dengan kecerdasan naturalis rendah. Selanjutnya, interaksi antara pembelajaran berbasis masalah (PBM-MK dan PBM) dan kecerdasan naturalis berpengaruh secara signifikan terhadap literasi sains siswa.