Sumber belajar
Main Author: | Muhammad, Muhammad |
---|---|
Other Authors: | Zaki, M. |
Format: | Book PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Sanabil Creative
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinmataram.ac.id/828/1/828.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/828/2/Peer%20Reviuwer10.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/828/ |
Daftar Isi:
- INDONESIA: Perkembangan sumber belajar dari waktu ke waktu mengalami metamorfosis yang makin mempermudah proses belajar, ini disebabkan perkembangan zaman yang semakin modern menuntut dunia pendidikan untuk mengalami pergantian sistem dalam pengadaan sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan manusia. Sebelum teknologi canggih dikenal, sumber belajar awalnya dimulai dari sumber belajar pra-dosen, yakni sumber belajar yang belum mengandalkan tenaga dosen dalam proses belajarnya, kemudian setelah itu munculah dosen sumber belajar utama dalam proses belajar pembelajaran, memberikan pembelajaran dalam proses belajar yang sudah berkompeten dalam menangani kegiatan belajar dan pembelajaran, dengan adanya dosen sebagai sumber belajar utama tidak cukup optimal tanpa sumber belajar yang lain, maka dosen membutuhkan sumber belajar berupa buku atau media cetak lainnya untuk mensukseskan proses pembelajaran. Dengan perkembangan zaman yang semakin maju dalam hal teknologi seperti saat ini, proses belajar tidak lagi mengandalkan dosen, media cetak atau sumber belajar lainnya. Kini teknologi informasi yang semakin canggih mampu membantu segala kegiatan manusia termasuk dalam proses belajar dan pembelajaran. Di samping buku teks dan sumber belajar berbasis teknologi, papan tulis juga masih menjadi sumber belajar yang tetap dimanfaatkan. erhubungan dengan pemanfaatan papan tulis sebagai sumber belajar, Lee dan Winzenried juga menemukan dalam penelitiannya bahwa pemanfaatan papan tulis sebagai sumber belajar masih sangat dominan. Lingkungan merupakan salah satu sumber belajar yang amat penting dan memiliki nilai-nilai yang sangat berharga dalam rangka proses pembelajaran mahasiswa. Lingkungan dapat memperkaya bahan dan kegiatan belajar. Lingkungan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar terdiri dari : (1) lingkungan sosial dan 2) lingkungan fisik alam). Lingkungan sosial dapat digunakan untuk memperdalam ilmu-ilmu sosial dan kemanusiaan sedangkan lingkungan alam dapat digunakan untuk mempelajari tentang gejala-gejala alam dan dapat menumbuhkan kesadaran peserta didik akan cinta alam dan partispasi dalam memelihara dan melestarikan alam.