Research & development: Teori dan praktik dalam perspektif Filsafat pendidikan islam
Main Author: | Ismail, Ismail |
---|---|
Other Authors: | Muhammad, Muhammad |
Format: | Book PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Sanabil Creative
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinmataram.ac.id/822/1/822_.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/822/2/Peer%20Reviuwer11.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/822/ |
Daftar Isi:
- INDONESIA: Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan paket. pembelajaran. filsafat. pendidikan. Islam. berbasis berpikir kritis dalam bentuk modul dan pedoman pembelajaran filsafat pendidikan Islam modul pembelajaran berisi: kerangka isi pembelajaran, petunjuk penggunaan paket, tujuan khusus pembelajaran, uraian materi pembelajaran, rangkuman, soal latihan, balikan, dan sumber rujukan. Pedoman pembelajaran terdiri atas panduan dosen dan panduan mahasiswa. Panduan dosen berisi: identitas mata kuliah, rasionel, kerangka isi pembelajaran, kerangka pembelajaran, strategi pembelajaran, deskripsi pertemuan pembelajaran, dan sumber pendukung. Adapun panduan mahasiswa berisi: kerangka isi pembelajaran, konsep kunci pokok bahasan 1, konsep kunci pokok bahasan 2, konsep kunci pokok bahasan 3, dan konsep kunci pokok bahasan 4. Produk yang dihasilkan tersebut memiliki kelayakan teoretik dan empirik. Layak secara teoretik karena produk tersebut telah melewati proses panjang evaluasi ahli isi/ materi, ahli desain pembelajaran, ahli bahasa, dan ahli desain grafik Para ahli yang melakukan evaluasi terhadap produk telah memberikan masukan-masukan yang sangat bermakna bagi penyempurnaan produk dan menyatakan bahwa produk ini memiliki kelayakan teoretik serta dapat direkomendasikan untuk diujicobakan pada calon pengguna. Layak secara empirik karena produk ini sudah terbukti efektif dalam meningkatkan perolehan hasil belajar pada subjek uji coba. Dari segi efektivitas, pembelajaran filsafat pendidikan Islam dengan menggunakan paket yang dikembangkan terbukti jauh lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran dengan tidak menggunakan paket.