Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan saintifik berbasis eksperimen terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran fisika siswa kelas X SMA Negeri 8 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan saintifik. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji-t diperoleh ttabel 2,048 dan thitung=3,065, maka diketahui nilai thitung (2, 048) ttabel (3,065) dengan dk yang besarnya dk = n1 + n2 : 2 dengan taraf signifikansinya 5%. Karena thitung lebih besar dari ttabel pada taraf sisgnifikan 5% maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa model pembelajaran pendekatan saintifik berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis pesera didik di kelas X SMA Negeri 8 Mataram tahun 2018/2019.