Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah. Sampel dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTs Ad-Diinul Qayyim dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. Adapun materi yang digunakan adalah Tekanan Zat. Penelitian ini dilaksanakan pada semester kedua tahun pelajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan meliputi 1) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru; 2) lembar observasi aktivitas peserta didik; 3) instrumen tes penguasaan konsep dan instrumen tes keterampilan berpikir kreatif berupa soal essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan peguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif, dengan diproleh skor sebagai berikut: Untuk penguasaan konsep pada siklus I diperoleh 65.52% dan siklus II 89.65%. Sedangkan keterampilan berpikir kreatif dengan menggunakan tes berupa soal essay diperoleh 37.93% dan siklus II 93%. Abstract: This study aims to find out the improvement in students' mastery of concepts and creative thinking skills after the application of problem-based learning models. The sample in this study were students of class VIII MTs Ad-Diinul Qayyim by using a qualitative approach and type of classroom action research. The material used is Substance Pressure. This research was conducted in the second semester of the 2018/2019 school year. The instruments used included 1) observation sheet of the implementation of learning by the teacher; 2) student observation sheet activity; 3) the concept mastery test instrument and the creative thinking skills test instrument in the form of essay questions. The results showed that problem-based learning can improve the mastery of concepts and creative thinking skills, with the following scores obtained: For the mastery of concepts in cycle I gained 65.52% and cycle II 89.65%. While creative thinking skills using tests in the form of essay questions were obtained 37.93% and second cycle 93%.