Relevansi status akreditasi dengan peningkatan tata kelola MA swasta di Lombok Barat: Studi pada MA At-Tahzib Kekait dan MA NW Mercapada
Main Author: | Saparudin, Saparudin |
---|---|
Other Authors: | Aziz, Ahmad Amir, Sulhan, Ahmad |
Format: | BookSection PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian IAIN Mataram Press
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinmataram.ac.id/731/2/731_Compressed.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/731/8/Relevant%20status.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/731/ |
Daftar Isi:
- INDONESIA Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan nasional adalah melakukan standarisasi penyelenggaraan pendidikan pada setiap satuan pendidikan. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan pengendalian dan pejaminan mutu pendidikan yang dihajatkan untuk melindungi masyarakat agar dapat memperoleh layanan dan hasil pendidikan sesuai dengan yang dijanjikan oleh penyelenggara pendidikan. Pentingnya akreditasi ini tidak berbanding lurus dengan kondisi empiris Madrasah Aliah Swasta di Lombok Barat. Berdasarkan penelitian kualitatif yang dilakukan ditemukan bahwa pada tataran konsep, status akreditasi memiliki relevansi dengan peningkatan tata kelola madrasah. Hal ini ditandai dengan terpenuhinya sebagian besar dokumen tata kelola madrasah yang dimiliki. Namun pada tataran implementasi, status akreditasi hanya Nampak pada aspek tata kelola kurikulum dan pembelajaran, sedangkan pada aspek lainnya belum berpengaruh secara signifikan. Hal ini sebagai implikasi dari adanya kecenderungan copy paste dokumen dari sekolah atau madrasah lain yang lebih maju