Evaluasi program kelas unggulan di Madrasah Ibtidaiyah (MIN) Punia Mataram
Main Author: | Maimun, Maimun |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurusan PAI FITK IAIN Mataram
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinmataram.ac.id/730/1/Evaluasi%20Program%20Kelas%20Unggulan%20di%20Madrasah%20Ibtidaiyah%20%28MIN%29%20Punia%20Mataram.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/730/7/evaluasi%20program%20kelas%20maimun.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/730/ https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elhikmah/issue/view/28 https://doi.org/10.20414/elhikmah.v10i2.221 |
Daftar Isi:
- INDONESIA Artikel ini berupaya mengemukakan hasil evaluasi atas efektivitas penyelenggaraan pembelajaran Kelas Unggulan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Punia Mataram. Untuk mengukur efektivitas penyelenggaraan Program secara konprehensif maka evaluasi menggunakan model CIPP (Contexs, Input, Process, dan Product). Hasil Evaluasi menunjukkan: 1) Program ini dilatari oleh keinginan pihak sekolah agar supaya anak-anak didik yang memiliki prestasi dapat dikumpulkan menjadi satu, sehingga akan mendapatkan output yang maksimal. 2) Pelaksanaan program kelas unggulan di MIN Punia diawali dengan melakukan sosialisasi program kelas unggulan secara terbatas di internal guru. Selanjutnya pihak sekolah mengundang orang tua murid dalam rangka sosialisasi pembentukan kelas unggulan. Pelaksanaan pembelajaran di kelas unggulan tidak jauh berbeda dengan kelas regular, hanya saja kelas unggulan mendapatkan jam belajar tambahan pada sore hari.3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah berlangsungnya kelas unggulan.Keberadaan kelas unggulan juga dapat menjadikan siswa lebih giat dalam berkompetisi dengan temannya.