Kontekstualisasi pembelajaran dengan objek Biologi, efeknya pada keterampilan mahasiswa merencanakan pembelajaran
Main Author: | Suhirman, Suhirman |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
LITPAM: e-saintika
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinmataram.ac.id/707/2/707.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/707/8/Peer%20review-Kontekstualisasi%20Pembelajaran.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/707/ https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.153 |
Daftar Isi:
- INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak kontekstualisasi pembelajaran dengan objek biologi pada keterampilan merencanakan pembelajaran. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode quasi eksperimen, desain penelitian posttest-only control design. Cluster random sampling dilakukan dalam menentukan sampel penelitian yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol yang berjumlah 80 orang pada semester VI Jurusan Pendidikan IPA Biologi FTK UIN Mataram. Data keterampilan mahasiswa merencanakan pembelajaran dikumpulkan dengan instrument tes kinerja kemudian dianalisis dengan statistik t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 65,70 lebih rendah dibanding kelas kontrol 69,13 (p = 0,143 > 0,05, artinya tidak berbeda secara signifikan. Dengan demikian kontekstualisasi pembelajaran dengan objek biologi tidak memiliki dampak signifikan pada keterampilan mahasiswa dalam merencanakan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran biologi dapat dilakukan oleh mahasiswa meskipun tidak berhadapan langsung dengan objek nyata biologi ENGLISH This study aims to describe the impact of the contextualization of learning with biological objects on learning planning skills. This type of quantitative descriptive research with quasi-experimental methods, research design posttest-only control design. Cluster random sampling is carried out in determining the research sample consisting of 80 experimental and control classes in the sixth semester of the Department of Natural Sciences of Biology, FTK UIN Mataram. Student skills planning data for learning are collected with a performance test instrument then analyzed by t tatistics. The results showed that the average value of the experimental class 65.70 was lower than the control class 69.13 (p = 0.143> 0.05, meaning that it did not differ significantly. Thus the contextualization of learning with biological objects did not have a significant impact on student skills in planning to learn. The planning of learning biology can be done by students even though they are not dealing directly with the real object of biology.