Pengembangan model kegiatan microteaching untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa calon guru matematika dalam melaksanakan pembelajaran siswa aktif

Main Author: Putrawangsa, Susilahudin
Format: Monograph PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinmataram.ac.id/64/1/ISI.pdf
http://repository.uinmataram.ac.id/64/
Daftar Isi:
  • INDONESIA: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model kegiatan Microteaching untuk mempersiapkan mahasiswa guru memiliki keterampilan mengajar berbasis siswa aktif. Pengembangan model ini mengacu pada penelitian pengembangan Educational Design Research. Setelah mereka mengikuti model microteaching yang telah dikembangkan, evaluasi terhadap mahasiswa praktikan menunjukkan bahwa terjadi penguasaan (1) keterampilan membuka pembelajaran/memperkenalkan masalah pembelajaran; (2) keterampilan memfasilitasi siswa belajar dalam kelompok; (3) keterampilan memfasilitasi diskusi kelas; dan (4) keterampilan menyimpulkan/menutup pembelajaran. Ditemukan bahwa ada empat hal pada model microteaching yang berkontribusi dalam membentuk keterampilan mahasiswa calon guru untuk memiliki keterampilan mengajar siswa aktif, yaitu (1) kesesuaian antara tujuan kegiatan Microteaching dengan orientasi pembelajaran siswa aktif, (2) kesesuaian antara langkah kegiatan Microteaching dengan orientasi pembelajaran siswa aktif, (3) kesesuaian antara protokol pelaksanaan kegiatan Microteaching dengan orientasi pembelajaran siswa aktif, dan (4) kesesuaian antara kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dalam kegiatan Microteaching dengan orientasi pembelajaran siswa aktif.