Education in science and religion: penerapan horizon keilmuan dalam sistem pendidikan di UIN Mataram
Main Author: | Azhar, Azhar |
---|---|
Other Authors: | Masnun, Masnun, Fahrurrozi, Fahrurrozi, Amrullah, Moh. Asyiq, Fadli, Adi |
Format: | BookSection PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Pustaka Lombok
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinmataram.ac.id/595/1/595.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/595/ |
Daftar Isi:
- INDONESIA: Dalam penerapan ‘horizon keilmuan’ di UIN Mataram tentu memiliki sudut metodologis yang berbeda-beda secara signifikan. Sebagaimana diungkapkan oleh Prof. Dr. H. Mutawali, M.Ag selaku rektor dalam sambutannya pada acara Focus Group Discussion CPNS UIN Mataram di Fave Hotel Mataram (19/4), beliau menyatakan bahwa perbedaan sudut metodologis tentu membutuhkan solusi-solusi epistimologi baik itu epistimologi bayānī, burhānī dan irfānīdalam mengintegrasikan ilmu-ilmu umum/sekuler (science) dengan ilmu agama (religion). Sikap keseriusan UIN Mataram dalam penerapan horizon keilmuan ini ditujukkan dengan diselenggarakannya kuliah umum (stadium general) berkenaan dengan integrasi ilmu umum/sekuler (science) dengan ilmu agama (religion) ‘When Science Meets Religion; Membumikan Paradigma ‘Horizon Ilmu’ dalam Teaching & Learning’, yang diselenggarakan tahun lalu.142Kuliah umum yang diharapkan mampu memformulasikan integrasi keilmuan UIN Mataram dalam penyelenggaraan pendidikannya ini, telah banyak memberikan masukan yang berharga