Konsep dasar desain keilmuan tarbiyah Telaah perspektif ontologis

Main Author: Arifin, Syamsul
Other Authors: Masnun, Masnun, Fadli, Adi, Quddus, Abdul
Format: BookSection PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Pustaka Lombok , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinmataram.ac.id/568/1/568.pdf
http://repository.uinmataram.ac.id/568/
Daftar Isi:
  • INDONESIA: Secara normatif, al-Qur’an dan Hadith merupakan sumber otoritatif bagi pembetukan dan pengembangan keilmuan dalam Islam, termasuk keilmuan pendidikan (baca: tarbiyah dengan, “t” kecil, bukan Tarbiyah dengan “T” besar)1. Khususnya, al-Qur’an menampakkan diri bukan hanya sebagai sandaran, tetapi yang lebih fundamental adalah sebagai sumber insipirasi normatif dan energi pengembangan keilmuan yang tak berhingga yang harus dibaca dan dieksplorasi sesuai dinamika zaman