Penguatan kapasitas guru madrasah melalui program pelatihan pengembangan strategi active learning Di Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Hikam NW Banyu Urip Praya Barat

Main Author: Emawati, Emawati
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: LPM UIN Mataram , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinmataram.ac.id/539/2/539.pdf
http://repository.uinmataram.ac.id/539/8/PR%20Penguatan%20Kapasitas.pdf
http://repository.uinmataram.ac.id/539/
https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/transformasi/article/view/579/280
ctrlnum 539
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinmataram.ac.id/539/</relation><title>Penguatan kapasitas guru madrasah melalui program pelatihan pengembangan strategi active learning Di Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Hikam NW Banyu Urip Praya Barat</title><creator>Emawati, Emawati</creator><subject>130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development</subject><description>INDONESIA:&#xD; &#xD; MTs Raudhatul Hikam merupakan satu-satunya madrasah berbasis pesantren di Desa Banyu Urip, Praya Barat, Lombok Tengah. Berdiri sejak tahun 2014, madrasah ini sekarang memiliki peserta didik berjumlah 40 anak dan guru sebanyak 17 orang. Pengelola yayasan dan guru-guru di madrasah ini mayoritas masih berusia muda dan belum banyak pengalaman mengajar. Oleh karenanya pelaksanaan kegiatan pengabdian madrasah binaan terkait peningkatan kapasitas guru sangat diperlukan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru dalam merancang pembelajaran aktif. Metode yang menggunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan dan peer teching. Berdasarkan kegiatan peer teaching menunjukkan bahwa 60% guru belum terampil menerapkan pembelajaran aktif. Namun setelah diadakan kegiatan pendampingan, monitoring, dan evaluasi secara simultan maka perbaikan dan peningkatan kemampuan mengelola pembelajaran aktif di kelas menjadi meningkat.</description><publisher>LPM UIN Mataram</publisher><date>2018-12</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>http://repository.uinmataram.ac.id/539/2/539.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>http://repository.uinmataram.ac.id/539/8/PR%20Penguatan%20Kapasitas.pdf</identifier><identifier> Emawati, Emawati (2018) Penguatan kapasitas guru madrasah melalui program pelatihan pengembangan strategi active learning Di Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Hikam NW Banyu Urip Praya Barat. Jurnal Transformasi, 14 (2). pp. 91-104. ISSN p-ISSN 1858-3571 | e-ISSN 2580-9628 </identifier><relation>https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/transformasi/article/view/579/280</relation><recordID>539</recordID></dc>
language ind
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Emawati, Emawati
title Penguatan kapasitas guru madrasah melalui program pelatihan pengembangan strategi active learning Di Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Hikam NW Banyu Urip Praya Barat
publisher LPM UIN Mataram
publishDate 2018
topic 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
url http://repository.uinmataram.ac.id/539/2/539.pdf
http://repository.uinmataram.ac.id/539/8/PR%20Penguatan%20Kapasitas.pdf
http://repository.uinmataram.ac.id/539/
https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/transformasi/article/view/579/280
contents INDONESIA: MTs Raudhatul Hikam merupakan satu-satunya madrasah berbasis pesantren di Desa Banyu Urip, Praya Barat, Lombok Tengah. Berdiri sejak tahun 2014, madrasah ini sekarang memiliki peserta didik berjumlah 40 anak dan guru sebanyak 17 orang. Pengelola yayasan dan guru-guru di madrasah ini mayoritas masih berusia muda dan belum banyak pengalaman mengajar. Oleh karenanya pelaksanaan kegiatan pengabdian madrasah binaan terkait peningkatan kapasitas guru sangat diperlukan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru dalam merancang pembelajaran aktif. Metode yang menggunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan dan peer teching. Berdasarkan kegiatan peer teaching menunjukkan bahwa 60% guru belum terampil menerapkan pembelajaran aktif. Namun setelah diadakan kegiatan pendampingan, monitoring, dan evaluasi secara simultan maka perbaikan dan peningkatan kemampuan mengelola pembelajaran aktif di kelas menjadi meningkat.
id IOS5284.539
institution Universitas Islam Negeri Mataram
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 957
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Mataram
library_id 879
collection Repository UIN Mataram
repository_id 5284
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS5284
first_indexed 2020-02-06T02:51:33Z
last_indexed 2020-05-06T13:08:38Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1686826057521430528
score 17.538404