Penguatan kapasitas guru madrasah melalui program pelatihan pengembangan strategi active learning Di Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Hikam NW Banyu Urip Praya Barat
Main Author: | Emawati, Emawati |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
LPM UIN Mataram
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinmataram.ac.id/539/2/539.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/539/8/PR%20Penguatan%20Kapasitas.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/539/ https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/transformasi/article/view/579/280 |
ctrlnum |
539 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinmataram.ac.id/539/</relation><title>Penguatan kapasitas guru madrasah melalui program pelatihan pengembangan strategi active learning Di Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Hikam NW Banyu Urip Praya Barat</title><creator>Emawati, Emawati</creator><subject>130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development</subject><description>INDONESIA:

MTs Raudhatul Hikam merupakan satu-satunya madrasah berbasis pesantren di Desa Banyu Urip, Praya Barat, Lombok Tengah. Berdiri sejak tahun 2014, madrasah ini sekarang memiliki peserta didik berjumlah 40 anak dan guru sebanyak 17 orang. Pengelola yayasan dan guru-guru di madrasah ini mayoritas masih berusia muda dan belum banyak pengalaman mengajar. Oleh karenanya pelaksanaan kegiatan pengabdian madrasah binaan terkait peningkatan kapasitas guru sangat diperlukan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru dalam merancang pembelajaran aktif. Metode yang menggunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan dan peer teching. Berdasarkan kegiatan peer teaching menunjukkan bahwa 60% guru belum terampil menerapkan pembelajaran aktif. Namun setelah diadakan kegiatan pendampingan, monitoring, dan evaluasi secara simultan maka perbaikan dan peningkatan kemampuan mengelola pembelajaran aktif di kelas menjadi meningkat.</description><publisher>LPM UIN Mataram</publisher><date>2018-12</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>http://repository.uinmataram.ac.id/539/2/539.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>http://repository.uinmataram.ac.id/539/8/PR%20Penguatan%20Kapasitas.pdf</identifier><identifier> Emawati, Emawati (2018) Penguatan kapasitas guru madrasah melalui program pelatihan pengembangan strategi active learning Di Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Hikam NW Banyu Urip Praya Barat. Jurnal Transformasi, 14 (2). pp. 91-104. ISSN p-ISSN 1858-3571 | e-ISSN 2580-9628 </identifier><relation>https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/transformasi/article/view/579/280</relation><recordID>539</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Emawati, Emawati |
title |
Penguatan kapasitas guru madrasah melalui program pelatihan pengembangan strategi active learning Di Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Hikam NW Banyu Urip Praya Barat |
publisher |
LPM UIN Mataram |
publishDate |
2018 |
topic |
130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
url |
http://repository.uinmataram.ac.id/539/2/539.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/539/8/PR%20Penguatan%20Kapasitas.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/539/ https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/transformasi/article/view/579/280 |
contents |
INDONESIA:
MTs Raudhatul Hikam merupakan satu-satunya madrasah berbasis pesantren di Desa Banyu Urip, Praya Barat, Lombok Tengah. Berdiri sejak tahun 2014, madrasah ini sekarang memiliki peserta didik berjumlah 40 anak dan guru sebanyak 17 orang. Pengelola yayasan dan guru-guru di madrasah ini mayoritas masih berusia muda dan belum banyak pengalaman mengajar. Oleh karenanya pelaksanaan kegiatan pengabdian madrasah binaan terkait peningkatan kapasitas guru sangat diperlukan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru dalam merancang pembelajaran aktif. Metode yang menggunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan dan peer teching. Berdasarkan kegiatan peer teaching menunjukkan bahwa 60% guru belum terampil menerapkan pembelajaran aktif. Namun setelah diadakan kegiatan pendampingan, monitoring, dan evaluasi secara simultan maka perbaikan dan peningkatan kemampuan mengelola pembelajaran aktif di kelas menjadi meningkat. |
id |
IOS5284.539 |
institution |
Universitas Islam Negeri Mataram |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
957 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Mataram |
library_id |
879 |
collection |
Repository UIN Mataram |
repository_id |
5284 |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS5284 |
first_indexed |
2020-02-06T02:51:33Z |
last_indexed |
2020-05-06T13:08:38Z |
recordtype |
dc |
merged_child_boolean |
1 |
_version_ |
1686826057521430528 |
score |
17.538404 |