Pendidikan multikultural dan implikasinya terhadap perilaku toleransi beragam peserta didik di SMK Negeri 4 Mataram
Main Author: | Baharudin, Baharudin |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinmataram.ac.id/433/1/433.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/433/ |
Daftar Isi:
- INDONESIA: Tujuan di adakannya penelitian ini : (1) untuk mengetahui pelaksanaan pelaksanaan pendidikan multikultural di Sekolah Menengah KejuruanNegeri 4 Mataram, (2) untuk mengetahui Implikasi pendidikan multikultural terhadap sikap toleransi peserta didik di Sekolah Menengah KejuruanNegeri 4 Mataram Pendekatan yang digunakan dalam melaksanakan penenelitian ini adalah pendekatan eksploratif kualitatif. Pendekatan ini ditujukan untuk menggali berbagai masalah yang berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan multikultural untuk mengembangkan budaya toleransi beragama di SMK Negeri 4Mataramdan implikasi dalam pembentukan sikap toleransi beragaman peserta didik. Dengan jenis penelitian kualitatif yang bersumber dari intensitas pengamatan (observasi), dan wawancara (interview). Sumber data dalam penelitian ini adalah (1) Data primer adalah data yag berupa tulisan langsung yang berkaitan dengan obyek penelitian, baik yang berbentuk buku, jurnal, artikel, maupun hasil penelitian, (2) sumber data sekunder adalah data yang secara tidak langsung memiliki kaitan dengan obyek penelitian, baik berupa hasil penelitian, artikel, buku dan sebagainya. Sedangkan sumber data dalam penelitina ini, yaitu kepala SMK Negeri 4 Mataram, para guru, staf pegawai, peserta didik serta orang yang dianggap mengetahui tentang hal yang berkaitan dengan masalah penelitina ini. Data-data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu pertama pengumpulan data. Kedua, reduksi data. Ketiga, penyajian data. Keempat, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Ada beberapa kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini : (1) Secara keseluruhan tindakan pelaksanaan pembelajaran pendidikan multikultural di SMK Negeri 4 Mataram sudah terlaksana dengan baik, karena prinsip-prinsip dalam pembelajaran pendidikan multlikulturaldikaitkan dengan materi-materi pelajaran pada mata pejaran tertentu yang duterapkan di SMK Negeri 4 Mataram. Pelaksanaan pendidikan multikultural didukung oleh motivasi peserta didik yang tinggi untuk mengikuti pembelajaran tersebut. Proses pembelajaran di kelas terasa menyenangkan dengan lebih banyak menampilkan pada kasus-kasus yang dibahas oleh peserta didik. (2) Pembelajaran pendidikan multikultural di SMK Negeri 4 Mataram memiliki implikasi terhadap sikap dan perilaku toleran peserta didik.