Membangun budaya sensitif gender di madrasah

Main Author: Nurhilaliati, Nurhilaliati
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: STIT Sunan Giri Bima , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.uinmataram.ac.id/346/1/MEMBANGUN%20BUDAYA%20SENSITIF%20GENDER%20DI%20MADRASAH.pdf
http://repository.uinmataram.ac.id/346/
https://ejournal.stit.sunangiribima.ac.id
Daftar Isi:
  • INDONESIA Secara konstitusi, kedudukan madrasah telah diakui sebagai bagian integral dari sistem pendidikan nasional, dengan telah dikeluarkannya Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Pada sisi lain, perubahan paradigma dan kemajuan pandangan tentang relasi laki-laki dan perempuan telah melahirkan berbagai undang-undang baik secara nasional maupun internasional. Untuk skala Indonesia, salah satu implikasi dari keberadaan peraturan dan undang-undang tersebut adalah munculnya wacana gender mainstreaming yang berkaitan dengan kebijakan bermuatan keadilan dan kesetaraan gender yang harus diterapkan dalam setiap institusi. Menciptakan budaya sensitive gender di madrasah merupakan salah satu implementasi dari wacana tersebut.