Pengembangan perpustakaan dan pustakawan dalam menunjang akreditasi perguruan tinggi

Main Author: Kurniawaty, Rika
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: FPPTI Jawa Tengah
Subjects:
Online Access: http://repository.uinmataram.ac.id/247/1/Pengembangan%20perpustakaan%20dan%20pustakawan%20dalam%20menunjang%20akreditasi%20perguruan%20tinggi.pdf
http://repository.uinmataram.ac.id/247/
https://libraria.fppti-jateng.or.id
Daftar Isi:
  • Perpustakaan adalah lembaga penunjang pada sebuah Perguruan Tinggi, namun mempunyai peranan penting dalam menopang kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Seperti institusinya, perpustakaan tumbuh dan berkembang secara dinamis untuk menyesuaikan tuntutan zaman. Pertumbuhan dan perkembangan Teknologi Informasi dan komunikasi yang membawa pengaruh besar di dalam dunia pendidikan juga diakomodir di dalam standar-standar penilaian Akreditasi Perguruan Tinggi. Karena itu Perpustakaan juga harus mengakomodir perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di dalam proses pelayanan dan pengembangannya. Agar proses transformasi perpustakaan dapat berjalan dengan baik, maka pustakawan sebagai pengelola dan penggerak perpustakaan juga harus dapat mengembangkan kemampuannya secara konsisten. Proses pengembangan kemampuan pustakawan pada perpustakaan UIN Mataram dilakukan melalui program Continuing Professional Development (CPD) yag dilakukan secara bertahap. Program CPD yang telah dilaksanakan pada perpustakaan UIN Mataram adalah program Diklat CPTA (2015), Sertifikasi Pustakawan (2016), serta kegiatan Literasi Informasi dan Online Research Skill for Academic Writing (2017). Kegiatan CPD ini meningkatkan eksistensi, kemampuan dan keterampilan pustakawan di Perpustakaan UIN Mataram.