Nilai multikultural dalam pembelajaran PAI di sekolah: Studi terhadap upaya membina karakter siswa di SMKN 1 Gerung Kec. Gerung Kab. Lombok Barat Tahun 2018.

Main Author: Murzal, Murzal
Format: Monograph PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinmataram.ac.id/218/1/218.pdf
http://repository.uinmataram.ac.id/218/
Daftar Isi:
  • INDONESIA: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari penanaman nilai-nilai multikultural melalui Pendidikan Agama Islam di SMK 1 Gerung, Penelitian ini juga mengkaji tiga permasalahan utama yaitu: Nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam pembelajaran PAI di SMKN 1 Gerung; Proses penanaman nilai multikultural dalam pembelajaran PAI di SMKN 1 Gerung; Metode pembinaan karakter melalui nilai multikulturalal dalam pembelajaran PAI di SMKN 1 Gerung. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam buku mata pelajaran Pendidikan Agama Islam meliputi nilai toleransi, nilai kesamaan, nilai persatuan, nilai kekerabatan, dan nilai keadilan. Penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Gerung menggunakan dua metode yaitu metode keteladanan dan metode pembiasaan. Dampak penanaman nilai-nilai multikultural terhadap siswa yaitu tumbuhnya sikap saling toleran, menghormati, menerima pendapat orang lain, saling bekerjasama, tidak bermusuhan, dan tidak adanya konflik karena perbedaan budaya, suku, bahasa, adat istiadat, dan agama.