Pengaruh Public Service Motivation (PSM) berbasis agama terhadap kinerja mengajar guru biologi Di Madrasah Aliyah Kabupaten Lombok Tengah

Main Authors: Suhirman, Suhirman, Fattah, Abdul
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinmataram.ac.id/113/1/113%20Laporan%20Penelitian.pdf
http://repository.uinmataram.ac.id/113/
Daftar Isi:
  • INDONESIA: Penelitian ini dilatari oleh sebuah temuan dan tuntutan bahwa sebuah lembaga pendidikan yang efektif memiliki motivasi yang tinggi untuk meningkatkan kualitas manajemen lembaganya yang meliputi Public Service Motivation (PSM), mission motivation dan task motivation. Terdapat perbedaan motivasional antara guru-guru yang mengajar di sektor pendidikan. Hal ini mempertegas bahwa harus ada pembedaan terhadap upaya-upaya untuk meningkatkan motivasi kerja antara guru-guru tersebut dalam meningkatkan kualitas lembaga pendidikan dan pelayanan yang diberikan terhadap siswa. Guru seyogyanya mampu mengintegrasikan sains dan agama dalam setiap proses pembelajaran untuk membimbing siswa dalam meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan analitik terhadap konsep-konsep yang diberikan. Hal tersebut dapat mendorong motivasi siswa untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilannya. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk menguji PSM tersebut. Namun, mayoritas penelitian tersebut berupaya untuk melihat perbedaan motivasi kerja antara sektor publik non pendidikan serta meneliti dimensi-dimensi dari PSM itu sendiri. Penelitian yang menguji keterkaitan antara PSM berbasis agama terhadap kinerja guru mengajar di sektor pendidikan belum pernah dilakukan. Sehingga perlu perubahan manajemen pelayanan yang diberikan oleh guru terhadap siswa agar meningkatkan kualitas pembelajaran dan lembaga pendidikan. Selain itu, penelitian ini berupaya mendorong guru untuk mengintegrasikan sains dan agama dalam mengajar mata pelajaran biologi khususnya. Berdasarkan observasi dan wawancara awal yang telah peneliti lakukan antara bulan Januari hingga Maret 2018, terhadap 32 orang guru mata pelajaran biologi di 21 Madrasah Aliyah di Kabupaten Lombok Tengah, diketahui ternyata mayoritas mereka belum menerapkan Public Servuce Motivation berbasis agama dalam pembelajaran biologi.