Pengembangan bahan ajar sains bernuansa Islami terintegrasi budaya lokal
Main Authors: | Muhammad, Muhammad, M. Amin, Tamjidillah |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinmataram.ac.id/112/1/112%20Artikel%20Penelitian_.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/112/2/112%20Laporan%20Penelitian_.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/112/ |
ctrlnum |
112 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinmataram.ac.id/112/</relation><title>Pengembangan bahan ajar sains bernuansa Islami terintegrasi budaya lokal</title><creator>Muhammad, Muhammad</creator><creator>M. Amin, Tamjidillah</creator><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><subject>200299 Cultural Studies not elsewhere classified</subject><description>INDONESIA:

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar sains bernuansa islami terintegrasi budaya local yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Pengembangan bahan ajar menggunakan model pengembangan 4D, yakni: Define (pendefisian), Design (pendesainan), Develope (pengembangan), dan Disminute (penyebaran) dan diujicobakan sebanyak 3 kali, yakni: uji perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah validasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Hasil uji coba diperoleh beberapa temuan, yaitu: bahan ajar yang dikembangkan memiliki rata-rata skor validitas berkategori valid. Tahap uji coba perangkat diperoleh bahwa tingkat keterbacaan bahan ajar dengan kategori tepat untuk pembelajaran dan tingkat kesulitan bahan ajar dengan kategori sangat mudah. Kemampuan keterampilan berpikir kritis mahasiswa berkategori tuntas secara klasikal. Berdasarkan hasil ujicoba ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar sains bernuansa islami terintegrasi budaya lokal yang dikembangkan layak (valid, praktis, dan efektif) digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.</description><publisher>Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat</publisher><date>2018</date><type>Document:Monograph</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>http://repository.uinmataram.ac.id/112/1/112%20Artikel%20Penelitian_.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>http://repository.uinmataram.ac.id/112/2/112%20Laporan%20Penelitian_.pdf</identifier><identifier> Muhammad, Muhammad and M. Amin, Tamjidillah (2018) Pengembangan bahan ajar sains bernuansa Islami terintegrasi budaya lokal. [error in script]. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Mataram. (Unpublished) </identifier><recordID>112</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Document:Monograph Document PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Muhammad, Muhammad M. Amin, Tamjidillah |
title |
Pengembangan bahan ajar sains bernuansa Islami terintegrasi budaya lokal |
publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
publishDate |
2018 |
topic |
130211 Religion Curriculum and Pedagogy 200299 Cultural Studies not elsewhere classified |
url |
http://repository.uinmataram.ac.id/112/1/112%20Artikel%20Penelitian_.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/112/2/112%20Laporan%20Penelitian_.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/112/ |
contents |
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar sains bernuansa islami terintegrasi budaya local yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Pengembangan bahan ajar menggunakan model pengembangan 4D, yakni: Define (pendefisian), Design (pendesainan), Develope (pengembangan), dan Disminute (penyebaran) dan diujicobakan sebanyak 3 kali, yakni: uji perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah validasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Hasil uji coba diperoleh beberapa temuan, yaitu: bahan ajar yang dikembangkan memiliki rata-rata skor validitas berkategori valid. Tahap uji coba perangkat diperoleh bahwa tingkat keterbacaan bahan ajar dengan kategori tepat untuk pembelajaran dan tingkat kesulitan bahan ajar dengan kategori sangat mudah. Kemampuan keterampilan berpikir kritis mahasiswa berkategori tuntas secara klasikal. Berdasarkan hasil ujicoba ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar sains bernuansa islami terintegrasi budaya lokal yang dikembangkan layak (valid, praktis, dan efektif) digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. |
id |
IOS5284.112 |
institution |
Universitas Islam Negeri Mataram |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
957 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Mataram |
library_id |
879 |
collection |
Repository UIN Mataram |
repository_id |
5284 |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS5284 |
first_indexed |
2019-05-08T11:54:11Z |
last_indexed |
2019-05-24T16:23:31Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686333477816893440 |
score |
17.538404 |