Pengembangan bahan ajar sains bernuansa Islami terintegrasi budaya lokal

Main Authors: Muhammad, Muhammad, M. Amin, Tamjidillah
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinmataram.ac.id/112/1/112%20Artikel%20Penelitian_.pdf
http://repository.uinmataram.ac.id/112/2/112%20Laporan%20Penelitian_.pdf
http://repository.uinmataram.ac.id/112/
ctrlnum 112
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinmataram.ac.id/112/</relation><title>Pengembangan bahan ajar sains bernuansa Islami terintegrasi budaya lokal</title><creator>Muhammad, Muhammad</creator><creator>M. Amin, Tamjidillah</creator><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><subject>200299 Cultural Studies not elsewhere classified</subject><description>INDONESIA:&#xD; &#xD; Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar sains bernuansa islami terintegrasi budaya local yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Pengembangan bahan ajar menggunakan model pengembangan 4D, yakni: Define (pendefisian), Design (pendesainan), Develope (pengembangan), dan Disminute (penyebaran) dan diujicobakan sebanyak 3 kali, yakni: uji perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah validasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Hasil uji coba diperoleh beberapa temuan, yaitu: bahan ajar yang dikembangkan memiliki rata-rata skor validitas berkategori valid. Tahap uji coba perangkat diperoleh bahwa tingkat keterbacaan bahan ajar dengan kategori tepat untuk pembelajaran dan tingkat kesulitan bahan ajar dengan kategori sangat mudah. Kemampuan keterampilan berpikir kritis mahasiswa berkategori tuntas secara klasikal. Berdasarkan hasil ujicoba ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar sains bernuansa islami terintegrasi budaya lokal yang dikembangkan layak (valid, praktis, dan efektif) digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.</description><publisher>Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat</publisher><date>2018</date><type>Document:Monograph</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>http://repository.uinmataram.ac.id/112/1/112%20Artikel%20Penelitian_.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>http://repository.uinmataram.ac.id/112/2/112%20Laporan%20Penelitian_.pdf</identifier><identifier> Muhammad, Muhammad and M. Amin, Tamjidillah (2018) Pengembangan bahan ajar sains bernuansa Islami terintegrasi budaya lokal. [error in script]. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Mataram. (Unpublished) </identifier><recordID>112</recordID></dc>
language ind
format Document:Monograph
Document
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Muhammad, Muhammad
M. Amin, Tamjidillah
title Pengembangan bahan ajar sains bernuansa Islami terintegrasi budaya lokal
publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
publishDate 2018
topic 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
200299 Cultural Studies not elsewhere classified
url http://repository.uinmataram.ac.id/112/1/112%20Artikel%20Penelitian_.pdf
http://repository.uinmataram.ac.id/112/2/112%20Laporan%20Penelitian_.pdf
http://repository.uinmataram.ac.id/112/
contents INDONESIA: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar sains bernuansa islami terintegrasi budaya local yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Pengembangan bahan ajar menggunakan model pengembangan 4D, yakni: Define (pendefisian), Design (pendesainan), Develope (pengembangan), dan Disminute (penyebaran) dan diujicobakan sebanyak 3 kali, yakni: uji perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah validasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Hasil uji coba diperoleh beberapa temuan, yaitu: bahan ajar yang dikembangkan memiliki rata-rata skor validitas berkategori valid. Tahap uji coba perangkat diperoleh bahwa tingkat keterbacaan bahan ajar dengan kategori tepat untuk pembelajaran dan tingkat kesulitan bahan ajar dengan kategori sangat mudah. Kemampuan keterampilan berpikir kritis mahasiswa berkategori tuntas secara klasikal. Berdasarkan hasil ujicoba ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar sains bernuansa islami terintegrasi budaya lokal yang dikembangkan layak (valid, praktis, dan efektif) digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.
id IOS5284.112
institution Universitas Islam Negeri Mataram
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 957
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Mataram
library_id 879
collection Repository UIN Mataram
repository_id 5284
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS5284
first_indexed 2019-05-08T11:54:11Z
last_indexed 2019-05-24T16:23:31Z
recordtype dc
_version_ 1686333477816893440
score 17.538404