Dasar-dasar kependidikan MIPA
Main Author: | Wahyudiati, Dwi |
---|---|
Format: | Book PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Pustaka Lombok
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinmataram.ac.id/1068/1/%402.BUKU%20DDK%20MIPA.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/1068/2/11-Peer%20Review%20Buku%20DDK%20MIPA.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/1068/ |
Daftar Isi:
- INDONESIA Adanya perkembangan ilmu pengetahuan dari zaman dahulu hingga sekarang merupakan hasil dari pemikiran atau perkembangan pikiran manusia sebagai mahluk ciptaan Allah S.W.T yang telah dianugerahi banyak keistimewaan jika dibandingkan dengan mahluk ciptaan Allah S.W.T yang lainnya. Suatu himpunan pengetahuan dapat disebut ilmu pengetahuan harus didasarkan pada penggunaan perpaduan antara rasionalisme dan empirisme yang disebut metode keilmuan atau pendekatan ilmiah yang tercermin melalui penelitian ilmiah serta aplikasinya dalam pembelajaran MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) yang meliputi Kimia, Fisika, dan Biologi. Implementasi pembelajaran MIPA dari jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah dan perguruan tinggi harus mengacu pada prinsip metode ilmiah melalui penerapan pendekatan saintifik dalam kegiatan pembelajaran demi tercapainya tujuan pembelajaran baik dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Buku Dasar-Dasar Kependidikan MIPA ini merupakan salah satu acuan referensi bagi para pendidik tentang bagaiman membelajarkan MIPA yang berbasis pendekatan saintifik sehingga mampu menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis, self-eficacy, sikap ilmiah, keterampilan proses sains, serta kemampuan komunikasi dan kerjasama peserta didik untuk mensuport pembelajaran abad 21 pada setiap jenjang pendidikan.