Pendidikan islam Basis Epistemologi & isu Kontemporer
Other Authors: | Quddus, Abdul |
---|---|
Format: | Book PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Sanabil
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinmataram.ac.id/1030/1/Buku.%20Pendidikan%20Islam%2C%20Basis%20Epistimologi%20dan%20Isu%20Kontemporer.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/1030/7/Pendidikan%20Islam%201-2.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/1030/ http://www.uinmataram.ac.id |
Daftar Isi:
- Berbagai tema dan isu kontemporer pendidikan Islam disajikan dalam buku ini; mulai dari problem filosofis epistimologis dan aksiologis seperti model pendekatan studi Islam antara outsider dan insider, integrasi agama dan sains, tradisionalisme dan salafisme madrasah Indonesia, pembelajaran efektif dengan model pendekatan tasawuf, dialektika Islam dan budaya lokal, digitalisasi pendidikan di 6 Nurmaidah, M.Pd.I era industri 4.0, fatwa-fatwa kontemporer dan kontroversial dari berbagai lembaga fatwa internasional sampai dengan analisis kebijakan pendidikan Islam. Pendidikan Islam diakui keberadaannya dalam sistem pendidikan yang terbagi menjadi tiga hal. Pertama, Pendidikan Islam sebagai lembaga yang diakui keberadaannya secara Eksplisit. Kedua, Pendidikan Islam sebagai Mata Pelajaran diakuinya pendidikan agama sebagai salah satu pelajaran yang itu wajib diberikan pada tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Ketiga, Pendidikan Islam sebagai nilai (value) yakni ketika ditemukannya nilai-nilai Islami dalam sistem pendidikan