Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Main Author: Bahtiar, Bahtiar
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Malikussaleh , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinmataram.ac.id/1022/1/Nurfarida%20Bahtiar.pdf
http://repository.uinmataram.ac.id/1022/
https://ojs.unimal.ac.id/index.php/relativitas/article/view/1790
https://doi.org/10.29103/relativitas.v2i1.1790
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa fisika pada materi momentum dan impuls di SMA Negeri 8 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sluster Random Samling. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan desain penelitian pretest-posttest control grup desain. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji-t diperoleh ttabel = 2,021 dan thitung = 8,35, maka diketahui nilai thitung (8,35) ttabel (2,021) dengan dk yang besarnya dk = n1 + n2 - 2 dengan taraf signifikansinya 5%. Karena thitung lebih besar dari ttabel pada taraf sisgnifikan 5% maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa secara signifikan terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada peningkatkan hasil belajar fisika siswa pada materi momentum dan impuls di SMA Negeri 8 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019.