Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Stad menggunakan media film animasi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di Mts. Al-Intshor Sekarbela
Main Author: | Bahtiar, Bahtiar |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Mataram
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinmataram.ac.id/1013/1/2876-10894-2-PB.pdf http://repository.uinmataram.ac.id/1013/ http://journal.ummat.ac.id/index.php/orbita/article/view/2876/2058 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media film animasi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di MTs. Al-Intishor Sekarbela. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimentdengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTs.Al-Intishor Sekarbela dengan sampel penelitian siswa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan angket untuk memperoleh motivasi belajar dan tes subjektif untuk memperoleh hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data motivasi sesudah perlakuan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 2.86 dan kelas kontrol 2.29, sedangkan untuk analisis data hasil belajar menggunakan uji-t diperoleh thitung(9.633) >ttabel(1.703). Jadi, dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media film animasi terhadap motivasi dan hasil belajar di MTs. Al-Intishor Sekarbela