ANALISIS TOPIC MODELING UNTUK MENGIDENTIFIKASI TOPIK PEMBICARAAN PADA MEDIA SOSIAL BANK BNI

Main Authors: Putri, Ni Wayan Nanik Suaryani Taro, Giri, Refi Rifaldi Windya
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Kresna Bina Insan Prima , 2020
Subjects:
Online Access: http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/418
http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/418/372
Daftar Isi:
  • Seiring dengan perkembangan teknologi, perusahaan telah melibatkan media sosial untuk mendukung pencapaian tujuan pemasaran, salah satunya dengan menggunakan media sosial Twitter. Konten yang dibuat pengguna pada Twitter dapat dimanfaatkan perusahaan sebagai sumber untuk mendapatkan informasi mengenai pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten yang dibuat oleh pengguna mengenai Bank BNI pada Twitter menggunakan metode topic modeling untuk mengidentifikasi topik pembicaraan dalam jaringan sosial bank BNI. Adapun hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa topik yang paling sering dibicarakan dalam jaringan BNI adalah mengenai promo terkait bank, terutama promo kuis berhadiah “#BNIQuotes” yang diadakan oleh akun resmi Bank BNI.