PEMODELAN DAN SIMULASI PENERAPAN ANTRIAN MULTIPHASE PADA ANTRIAN PEMBUATAN SIM PENGENDARA SEPEDA MOTOR DIPOLRES SIJUNJUNG
Main Authors: | Mahessya, Raja Ayu; UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA YPTK PADANG, Putra, Rafki Dwi; UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA YPTK PADANG, Veri, Jhon; UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA YPTK PADANG |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.kopertis10.or.id/index.php/sains/article/view/4091 http://ejournal.kopertis10.or.id/index.php/sains/article/view/4091/1366 |
Daftar Isi:
- Abstract Promodel is a simulation tool designed for something fast but accurate model of manufacture system in all types, mainly supply chain system. Simulation is one way to solve many problems faced in real world. Many methods are built in Operation research and System Analyst for the sake of interest decision making using various data analysis. Problems that can be solved by simulation method one of them is Queuing, queuing is a condition where a bunch of people, components and machines requiring service must wait in a certain order before finally getting service. Long queue should be avoided because it will result in too long waiting times and will harm the needy, service. This queue simulation creation will be able to help certain parties to evaluate services to be more effective and efficient. Abstrak Promodel adalah alat simulasi yang dirancang untuk sesuatu yang cepat namun akurat model sistem pembuatan dalam semua jenis, terutama memasok sistem rantai. Simulasi merupakan salah satu cara untuk memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi didunia nyata. Banyak metode yang dibangun dalam Operation research dan System Analyst untuk kepentingan pengambilan keputusan dengan menggunakan berbagai analisis data. Masalah yang dapat diselesaikan dengan metode simulasi salah satunya adalah Antrian, mengantri adalah kondisi dimana sekumpulan orang, komponen dan mesin yang membutuhkan layanan harus menunggu dalam suatu urutan tertentu sebelum akhirnya memperoleh layanan. Antrian yang panjang harus dihindari karena akan mengakibatkan waktu tunggu yang terlalu panjang dan akan merugikan pihak yang membutuhkan, layanan. Pembuatan simulasi antrian ini akan dapat membantu pihak tertentu untuk mengevaluasi layanan agar lebih efektif dan efisien.