Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metacognitive Instruction

Main Author: Noordyana, Mega Achdisty
Format: Article info Quantitative Research application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Pendidikan Indonesia , 2018
Subjects:
Online Access: http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa/article/view/mv5n2_9
http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa/article/view/mv5n2_9/176
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP melalui pendekatan Metacognitive Instruction. Penelitian ini merupakan studi eksperimen di SMPN 2 Tarogong Kidul Garut dengan desain penelitian Kelompok kontrol Non-Ekivalen pretes-postes. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan Metacognitive Instruction lebih baik dari pada kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Sikap siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan Metacognitive Instruction positif. ABSTRACT The general objective of this research is to improve critical thingking mathematically junior high school students through metacognitive Instruction approach. This study is an experimental study in SMPN 2 Tarogong Kidul with research design Non-equivalent control group pretest-postes. The results showed that the ability of mathematical critical thingking of students who received metacognitive Instruction approach to learning with better on critical thingking of students who have mathematical with conventional learning. Students' attitudes toward learning with Metacognitive Instruction approach positive.