Strategi PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Kantor Cabang Syariah Medan Dalam Pembiayaan KPR Bermasalah
Main Author: | Sri Lira Hafidah |
---|---|
Format: | Electronic Resource |
Terbitan: |
Perbankan Syariah
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.umsu.ac.id/index.php?p=show_detail&id=4123 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari peneitian ini adalah untuk mengetahui strategi PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Kantor Cabang Syariah Medan dalam menangani pembiayaan KPR bermasalah. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian analisis deskriptif. PT. Bank Tabungan Negara (persero) Tbk Kantor Cabang Syariah Medan, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini rasio NPF pada produk pembiayaan KPR BTN iB. Variable independen dalam penelitian ini Strategi Bank BTN Syariah . Sedangkan variable dependennya adalah Pembiayaan KPR Bermasalah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah study dokumentasi dan wawancara, teknik analisa adalah dengan teknik kualitatif analisis deskripstif. Data yang dianalisis aalah hasil wawancara dengan karyawan Financial Officer. Hasil dari penelitian menunjukkan pihak Bank Tabungan Negara (persero) Tbk Kantor Cabang Syariah Medan melakukan pembinaan melalui telepon untuk mengingatkan nasabah yang terlambat membayar angsuran atau mengirim surat pemberitahuan tunggakan dan atau mengunjungi pihak nasabah secara langsung. Bank melakukan restukturisasi pembiayaan KPR bermasalah kepada nasabah yang masih berniat dan kooperatif dengan merubah perjanjian yang telah disepakati dia awal akad. Untuk menyelesaikan pembiayaan KPR yang bermasalah dan susah untuk ditagih pihak bank melakukan subrogasi, dan menyelesaikan dengan jalur hukum terhadap jaminan pribadi (borgtocht) atau dan jaminan perusahaan (Coorpotare Guarante) dan mengajukan pernyataan valid kepada pengadilan niaga.