Pengaruh Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi oleh Siswa Kelas X SMK PAB 8 Sampali Tahun Pembelajaran 2017-2018

Main Author: Gita Herma Yuningsih
Format: Electronic Resource
Terbitan: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.umsu.ac.id/index.php?p=show_detail&id=3752
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran meaningful instructional design (MID) terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas X SMK PAB 8 Sampali tahun pembelajaran 2017-2018. Populasi penelitian berjumlah 173 siswa yang terdiri atas 5 kelas. Sampel penelitian diambil secara acak yaitu siswa kelas X BM-1 sebagai kelas eksperimen dan X BM-2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes essai berbentuk tulisan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan menulis teks laporan hasil observasi kelompok eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran meaningful instructional design (MID) memiliki rata-rata nilai 83,51 kategori baik sekali. Kemampuan menulis teks laporan hasil observasi kelompok kontrol dengan menggunakan model konvensional memiliki nilai rata-rata 53,08 kategori kurang. Berdasarkan perhitungan uji “t” diperoleh nilai thitung > ttabel (10,469 >1,674) pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan db = (n1 + n2) – 2 = 54 yaitu 1,674 sehingga hipotesis dinyatakan diterima. Hal ini berarti model pembelajaran meaningful instructional design (MID) lebih berpengaruh digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi.