Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi Kasus pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Main Author: | Syahrida, Yeny |
---|---|
Format: | Electronic Resource |
Terbitan: |
Manajemen
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.umsu.ac.id/index.php?p=show_detail&id=3572 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah pada mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Binsis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan asosiatif. Peneliti menggunakan teknik sampel ini dikarnakan pelanggan tidak diketahui/ tidak dapat di ukur jumlahnya. Maka dari itu jumlah penarikan sampel dapat di tentukan dengan jumlah 100 responden, dimana penulis mengambil sampel 10 orang setiap harinya selama 10 hari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuisioner. Hasil uji-t menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, diperoleh nilai thitung sebesar 3.234 sementara ttabel 1,984 dan mempunyai angka signifikan sebesar 0.002 ttabel1,984. Hasil uji-t diatas menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, diperoleh nilai thitung sebesar 5,733 sementara ttabel1,984 dan mempunyai angka signifikan sebesar 0.000 < 0.05 atau thitung 5,733 > ttabel1,984. Hasil temuan penelitian bahwa terdapat pengaruh Kualitas Produk, Harga terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Berdasarkan hasil pengolahan data terlihat bahwa nilai Fhitung (43,670) > Ftabel (2.70). Dengan nilai koefisien determinasi (R square) yang diperoleh sebesar 0.474, hal ini memiliki arti bahwa 47.4% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk, harga, sedangkan sisanya sebesar 52.6% diterangkan oleh variabel yang tidak diteliti.