Upaya MeningkatkanKemampuan Anak Menghafal Doa Sehari-Hari MelaluiMetode Pembelajaran Student Team Achivement Division Di RaPesantren Modern Daar Al-Ulum Kecamatan Kisaran BaratKabupaten Asahan
Main Author: | Panjaitan, Aisyah, Siti |
---|---|
Format: | Electronic Resource |
Terbitan: |
Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.umsu.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2954 |
Daftar Isi:
- Penelitian yang berjudul UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGHAFAL DOA SEHARI-HARI MELALUI METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION DI RA PESANTREN MODERN DAAR AL-ULUM KECAMATAN KISARAN BARAT KABUPATEN ASAHAN dilatar belakangi oleh masih belum berkembangnya kemampuan anak menghafal doa sehari- hari di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan ini disebabkan karena anak belum terbiasa mempraktekkan doa sehari-hari dan kurang maksimalnya guru dalam mengajarkan menghafal doa sehari-hari huruf. Penelitian dalam bentuk tindakan kelas ini (PTK) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak menghafal doa sehari-hari melalui metode pembelajaran student team achievement division di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui metode pembelajaran student team achievement dapat meningkatkan kemampuan anak menghafal doa sehari-hari. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan kemampuan anak mengenal huruf yaitu pada pra siklus 23,3%, selanjutnya siklus 1 rata-ratanya 48,3%, siklus 2 rata-ratanya 71,6 dan pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak adalah 84,9%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode pembelajaran student team achievement division dapat meningkatkan kemampuan anak menghafal doa sehari-hari.