Faktor-faktor Penentu Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Layanan Pengurusan Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor SAMSAT Kota Medan

Main Author: Fauzi, Iwan
Format: Electronic Resource
Terbitan: Ekonomi Pembangunan , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.umsu.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2576
Daftar Isi:
  • Pada hakekatnya pelayanan SAMSAT Kota medan bertujuan untuk memberikan kepuasan masyarakat sebagai pengguna pelayanan. SAMSAT Kota Medan sebagai salah satu instansi pemerintah daerah yang harus mampu melayani masyarakat secara maksimal dari penyelenggaraan pelayanan, kinerja aparat, dan mekanisme kerja yang ada. Selain itu kepuasan masyarakat sebagai wajib pajak merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan aparat pajak. Wajib Pajak dalam membayar pajaknya tidak merasakan imbalan secara langsung, maka wajar bila dalam proses pemungutan pajak diimbangin dengan kualitas pelayanan yang baik. Kualitas kinerja pelayanan yang baik akan menimbulkan kepuasan wajibpajak dalam membayar pajak dan kepuasan itu pada gilirannya akan mendorong wajib pajak mematuhi segala kewajibannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penentu tingkat kepuasan konsumen pada layanan pengurusan pajak kendaraan di kantor SAMSAT di Kota Medan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling exidental yang ditetapkan sebanyak 100 orang konsumen yang pernah memenuhi kewajiban membayar pajak kendaraan bermotornya di kantor-kantor SAMSAT kota medan, Penulis mengumpulkan data dengan cara daftar pertanyaan ( Quisioner ). Analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis faktor. Adapun indikator yang digunakan ialahTangible, Reability, Responsivness,Assurance, dan Emphaty memiliki kontribusi terhadap variabel kepuasan konsumen pengguna layanan pengurusan pajak kendaraan bermotor di kantor SAMSAT kota Medan, dan Faktor yang paling dominan dalam memberikan kontribusi besar terhadap kepuasan konsumen pada layanan pengurusan pajak kendaraan bermotor di kantor SAMSAT kota Medan ialah faktor Tangible dengan indikator ruang tunggu sebesar 0.776 artinya pada indikator ruang tunggu yang nyaman dengan memfasilitasi fasilitas pendingin ruangan seperti AC, ruang tunggu yang memadai, tempat duduk yang memadai,adanya tempat sampah untuk menjaga kebersihan ruang tunggu da juga fasilitas toilet bagi konsumen memberikan kontribusi besar terhadap kepuasan konsumen pengguna layanan pengurusan pajak kendaraan bermotor di kantor SAMSAT Kota Medan .