Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Teka-Teki Bergambar Di Ra Pesantren Modern Daar Al-Ulum Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan

Main Author: Ismadewi
Format: Electronic Resource
Terbitan: Pendidikan Guru Raudhatul Athfal , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.umsu.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2475
Daftar Isi:
  • Penelitian yang berjudul UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUANMENGENAL HURUF MELALUI TEKA-TEKI BERGAMBAR DI RA PESANTRENMODERN DAAR AL-ULUM KECAMATAN KISARAN BARAT KABUPATENASAHAN dilatar belakangi oleh masih belum berkembangnya kemampuan mengenalhuruf anak di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum Kecamatan Kisaran BaratKabupaten Asahan ini dapat dilihat dari rendahnya kemampuan anak menunjukkanhuruf, menyebutkan huruf, dan menuliskan huruf. Penelitian dalam bentuk tindakankelas ini (PTK) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal hurufmelalui teka-teki bergambar di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum KecamatanKisaran Barat Kabupaten Asahan. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dengantahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasilpenelitian diketahui bahwa melalui media teka-teki bergambar dapat meningkatkankemampuan anak mengenal huruf. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanyapeningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelahdilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan minimal anak adalah BSH makadapat dirata-ratakan peningkatan kemampuan anak mengenal huruf yaitu pada prasiklus 21,6%, selanjutnya siklus 1 rata-ratanya 43,3%, siklus 2 rata-ratanya 73,3 danpada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak adalah 85%. Berdasarkan hasil penelitiantersebut dapat disimpulkan bahwa melalui media teka-teki bergambar dapatmeningkatkan kemampuan mengenal huruf anak di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan