Pengaruh Kendaraan Sepeda Motor Terhadap Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Arteri Sekunder di Jalan Teuku Umar, Kota Subulussalam (Studi kasus)
Main Author: | Santoso, Aldy |
---|---|
Format: | Electronic Resource |
Terbitan: |
Teknik Sipil
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.umsu.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2437 |
Daftar Isi:
- Kendaraan sepeda motor mengalami pertumbuhan dan keberadaannya dalam lalu lintas campuran pada jalan 4 lajur 2 arah dengan median memberikan pengaruh pada kecepatan lalu lintas sangat kuat. Studi dilakukan di ruas jalan Teuku Umar dengan mengambil 2 titik lokasi. Survey dilakukan hari senin s/d minggu pada jam sibuk pagi, jam sibuk siang dan jam sibuk sore. Analisa yang digunakan untuk menentukan nilai emp adalah dengan metode MKJI,1997. Didapatkan data perbandingan proporsi sepeda motor pada Jalan Teuku Umar pada hari Senin sebesar 90.38%. Sedangkan data untuk kapasitas pada Jalan Teuku Umar sebesar 3706,56 smp/jam. Arus dan kapasitas yang dinyatakan dalam smp/jam telah diperoleh kemudian digunakan untuk menghitung derajat kejenuhan. Derajat kejenuhan yang didapat pada pada Jalan Teuku Umar adalah 0,16. Besarnya derajat kejenuhan dalam teoritis tidak boleh lebih dari satu, yang artinya apabila nilai tersebut mendekati satu maka kondisi lalu lintas tersebut mendekati jenuh.