Perbandingan Perhitungan Tebal Lapis Perkerasan Lentur Metode Sni 1732-1989-F (Analisa Komponen) Dengan Metode Aashto 1993 Pada Ruas Jalan Batas Kabupaten Dairi-Dolok Sanggul Sumatera Utara

Main Author: Harisanda, T. Febriyan
Format: Book
Subjects:
Online Access: http://repository.umsu.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2358
Daftar Isi:
  • Pada perencanaan pelebaran jalan sangat perlu untuk diperhatikan demi kelancaran untuk pekerja konstruksi, keefektifan dan mutu yang dihasilkan, inilah yang mendorong penulis untuk menghitung tebal perkerasan lentur yang telah direncanakan sebelumnya oleh pihak perencana dan karena topik ini menarik bagi penulis. Sesuai dengan bidang konsentrasi yang dipilih yaitu Transportasi Jalan Raya, penulis sengaja mengambil topik ini karena sesuai dengan ilmu yang dipelajari penulis. Topik bahasan ini dibatasi pada perhitungan tebal lapis perkerasan lentur. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui berapa hasil perbandingan F (Analisa Komponen) dengan membandingkan metode AASHTO 1993 yang sudah digunakan pada hasil perhitungan perencanaan pada proyek Pelebaran Struktur Jalan Batas Kabupaten Dairi-Dolok Sanggul. Dari hasil perbandingan diperoleh bahwa perhitungan perkerasan lentur dengan Metode SNI 1732-1989-F (Analisa Komponen) didapatkan tebal perkerasan untuk Lapisan AC-WC = 4 cm, Lapisan AC-BC = 6cm, Lapisan Aggregat Kelas A = 20 cm, Lapisan Aggregat Kelas B = 26,15 cm, memiliki selisih 3,15 cm pada lapisan Aggregat kelas B dari perhitungan perencana menggunakan metode AASHTO, perhitungan perencana didapatkan Lapisan AC-WC = 4 cm, Lapisan AC-BC = 6 cm, Lapisan Aggregat Kelas A = 20 cm, Lapisan Aggregat Kelas B = 29,30 cm.