“Analisis Pemasaran Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Rakyat” Studi Kasus Kecamtan Bangko Pusako, Kabupaten Rokan Hilir, Riau

Main Author: Ramadhansyah, Eko
Format: Electronic Resource
Terbitan: Agribisnis , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.umsu.ac.id/index.php?p=show_detail&id=2340
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis pola saluran pemasaran tandan buah segar (TBS) kelapa sawit rakyat, untuk menganalisis marjin pemasaran, share margin dan efisiensi pemasaran tandan buah segar (TBS) kelapa sawit rakyat di daerah penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan rumus efisiensi pemasaran. Dari hasil penelitian yang dilakukan di daerah penelitian diperoleh kesimpulan bahwa saluran pemasaran yang terjadi berjumlah dua saluran pemasara yaitu : petani → agen → RAM → pabrik, dan petani → RAM → pabrik. Hasil penelitian yang dilakukan didaerah penelitian menunjukkan share margin pada saluran pertama sebesar 88,93% dan share margin pada saluran pemasaran kedua sebesar 94,56%. Sedangkan untuk efisiensi yang terjadi didaerah penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran pertama dan kedua dianggap sudah efisien karena nilai efisiensi berada dibawah 50% atau