PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA SMP
Main Author: | Basir, Fahrul; Universitas Cokroaminoto Palopo |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Cokroaminoto Palopo
, 2018
|
Online Access: |
http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/958 http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/958/816 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan mengetahui Penerapan Pendekatan Open Ended Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP. Masalah yang diselidiki dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif siswa SMP Negeri 3 Palopo. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Palopo Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Satuan eksperimen dalam penelitian ini ditentukan secara Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensial. Dari hasil analisis statistik deskriptif menunjukan kemampuan reflektif matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palopo sebelum diajar dengan menggunakan pendekatan open ended berada pada kategori sangat rendah dan setelah diajar dengan menggunakan pendekatan open ended berada pada kategori tinggi. Berdasarkan uji hipotesis bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan reflektif matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palopo antara yang diajar dengan pendekatan open ended dengan yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci : Open ended, Kemampuan berfikir reflektif.