HABIT OF STRIVING FOR ACCURACY AND PRECISION (HSAP) MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS GAYA KOGNITIF
Main Author: | Salwah, Salwah; Universitas Cokroaminoto Palopo |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Cokroaminoto Palopo
, 2018
|
Online Access: |
http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/955 http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/955/813 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Habit of Striving for Accuracy and Precision (HSAP) siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui pendekatan RME berbasis gaya kognitif. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VII pada salah satu SMPN di kota Bandung. Analisis data pada penelitian ini adalah dengan pendekakatan kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa secara individu siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan RME berbasis gaya kognitif memiliki kebiasaan berjuang demi ketelitian dan ketepatan yang berada pada kategori pelajar. Siswa akan memeriksa kembali pekerjaannya bila disuruh oleh guru. Secara kelompok siswa memiliki kebiasaan berjuang demi ketelitian dan ketepatan yang berada pada kategori pengguna. Secara kelompok siswa memiliki kepedulian untuk lebih memeriksa pekerjaannya sehingga tidak memiliki kesalahan, serta menetapkan standar yang tinggi untuk menghasilkan pekerjaan yang akurat. Kata kunci: Habit of striving for accuracy and precision, Realistic mathematics education, gaya kognitif