PENGAJUAN DAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOOPERATIF DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Main Author: Ma’rufi, Ma’rufi; Universitas Cokroaminoto Palopo
Format: Article info eJournal
Terbitan: Universitas Cokroaminoto Palopo , 2018
Online Access: http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/950
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menyelidiki pencapaian kompetensi belajar matematika siswa SMP pada materi pokok pecahan, baik sebelum maupun setelah diajar melalui pendekatan pengajuan dan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika berbasis kooperatif. Kompetensi belajar matematika yang dimaksud adalah kemampuan pemahaman konsep, kemampuan penalaran dan komunikasi, dan kemampuan pemecahan masalah. Selain kompetensi belajar matematika, juga diselidiki aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran serta respon mereka terhadap pendekatan pengajuan dan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika berbasis kooperatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan satuan eksperimen adalah siswa kelas VII SMPN 1 Palopo. Hasil penelitian diperoleh bahwa kompetensi belajar matematika yang meliputi kemampuan pemahaman konsep, kemampuan penalaran dan komunikasi, kemampuan pemecahan masalah menunjukkan peningkatan yang berarti setelah diajar melalui pendekatan pengajuan dan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika berbasis kooperatif. Kualitas proses pembelajaran meningkat yang ditunjukkan oleh meningkatnya aktivitas siswa dalam tugas dan aktivitas guru dalam menfasilitasi proses pembelajaran. Pada umumnya guru dan siswa memberikan respon positif terhadap pendekatan pengajuan dan pemecahan masalah berbasis kooperatif. Sebagai implikasi dari hasil penelitian ini, maka disarankan agar dalam pembelajaran pecahan di SMP, hendaknya guru menggunakan pendekatan pengajuan dan pemecahan masalah berbasis kooperatif. Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif, pengajuan dan pemecahan masalah, kompetensi belajar matematika