PENGGUNAAN STRATEGI QUESTION STUDENTS HAVE DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMA

Main Author: Mellawaty, Mellawaty; Universitas Wiralodra Indramayu
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Cokroaminoto Palopo , 2018
Online Access: http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/927
http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/927/792
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan strategi Question Students Have dengan pendekatan Problem Posing dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. Metode penelitian ini adalah eksperimen, dengan populasi seluruh siswa SMA Negeri 12 Kelas X dan sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas secara acak dari kelas X di SMA Negeri 12 Bandung. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan strategi Question Students Have dengan pendekatan Problem Posing lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. Kata Kunci : Strategi Question Students Have, Pendekatan Problem Posing, Berpikir Kritis.