EFEKTIVITAS PENDEKATAN PROBLEM POSING SETTING KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS
Main Authors: | Baharuddin, Muhammad Rusli; Universitas Cokroaminoto Palopo, A, Fitriani; Universitas Cokroaminoto Palopo, Jumarniati, Jumarniati; Universitas Cokroaminoto Palopo |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Cokroaminoto Palopo
, 2017
|
Online Access: |
http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/713 http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/713/606 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan meneliti dan menjadi sarana latihan bagi dosen pemula untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal ilmiah, sedangkan secara khusus penelitian inibertujuan untuk melihat bagaimana efektivitas pendekatan Problem Posing Setting Kooperatif dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain posttest only group design. Lokasi penelitian bertempat di SMA Negeri 1 Palopo sedangkan Instrumen yang akan digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan literasi matematis, lembar observasi aktivitas siswa dan angket respon siswa. Tes ini akan diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah pembelajaran selesai. Teknik analisis data menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan problem posing setting kooperatif efektif terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Efektivitas penerapan problem posing setting kooperatif terukur melalui hasil tes kemampuan literasi matematis kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas control dan pengujian hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05, rata-rata aktivitas siswa selama penerapan problem posing setting kooperatif berada pada kategori aktif, dan respon siswa berada pada positif. Kata Kunci: Efektivitas, Kemampuan Literasi matematis, Problem Posing Setting Kooperatif