PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS SCIENTIFIC DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI DENGAN MENINJAU GAYA KOGNITIF MAHASISWA UNCP

Main Authors: Masni, Eva Dwika; Universitas Cokroaminoto Palopo, Nisraeni, Nisraeni; Universitas Cokroaminoto Palopo
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Cokroaminoto Palopo , 2017
Online Access: http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/711
http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/711/604
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Tujuan jangka panjang yang diharapkan dari penelitian ini adalah meningkatan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa melalui model pembelajaran scientific discovery dalam perkuliahan matematika ekonomi. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah program studi pendidikan matematika semester VI UNCP tahun akademik 2016/2017. Rancangan eksperimen yang digunakan adalah one group only pretest-posttest design. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data mengenai aktivitas mahasiswa, keterlaksanaan pembelajaran, kualitas peningkatan serta respon mahasiswa dianalisis dengan statistika deskriptif, sedangkan data mengenai kemampuan pemecahan masalah dianalisis dengan statistika inferensial menggunakan uji dependent sample t tes. Hasil penelitian menunjukkan : Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika ekonomi mahasiswa setelah memperoleh pembelajaran scientific discovery untuk mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field independent.Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa setelah memperoleh pembelajaran scientific discovery untuk mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field dependent. Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika ekonomi mahasiswa UNCP yang memiliki gaya kognitif field independent dan field dependent setelah memperoleh pembelajaran scientific discovery. Kualitas kemampuan pemecahan masalah mahasiswa yang memiliki gaya kognitif FI lebih baik daripada siswa yang memiliki gaya kognitif FD. Pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematika ekonomi mahasiswa UNCP yang bergaya kognitif field independent berada pada kategori tinggi sedangkan pencapaian kemampuan pemecahan masalah mahasiswa field dependent setelah memperoleh pembelajaran scientific discovery berada pada kategori sedang. Kata-kata kunci: Model Scientific Discovery, Gaya Kognitif, Pemecahan Masalah.