DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Main Authors: Juliana, Juliana; Universitas Cokroaminoto Palopo, Ekawati, Darma; Universitas Cokroaminoto Palopo, Basir, Fahrul; Universitas Cokroaminoto Palopo
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Cokroaminoto Palopo , 2017
Online Access: http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/666
http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/666/573
Daftar Isi:
  • Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMPN 6 Palopo. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 6 Palopo dengan dua subjek yaitu subjek berkemampuan tinggi dan sedang yang dipilih berdasarkan pada nilai rapor. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari 3 butir soal, dan wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki kedua subjek dari 3 nomor soal berdasarkan empat indikator pemecahan masalah yaitu pada indikator mengidentifikasi data diketahui, ditanyakan, kecukupan data untuk pemecahan masalah Subjek Tinggi (ST) berada pada kemampuan kategori tinggi sedangkan Subjek Sedang (SS) berada pada kategori sedang dengan satu soal yang tidak terjawab. Untuk indikator mengidentifikasi strategi yang dapat ditempuh Subjek Tinggi berada pada kategori kemampuan tinggi sedangkan Subjek Sedang berada pada kategori kemampuan sedang, pada indikator menyelesaikan model matematika Subjek Tinggi berada pada kategori kemampuan tinggi dengan 3 penyelesaian soal yang tepat dengan langkah yang benar sedangkan Subjek Sedang berada pada kategori sedang dengan satu soal tidak terjawab, dan pada indikator memeriksa kebenaran solusi yang diperoleh Subjek Tinggi berada pada kategori tinggi sedangkan Subjek Sedang berada pada kategori rendah. Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematika, SPLDV