IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK DENGAN TUGAS INDIVIDU (PKTI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA NON-MATEMATIKA UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO
Main Authors: | Ashari, Nur Wahidin; Universitas Coroaminoto Palopo, Ma'rufi, Ma'rufi; Universitas Cokroaminoto Palopo |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Cokroaminoto Palopo
, 2016
|
Online Access: |
http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/396 http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/396/355 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan dua kelas yang berasal dari populasi mahasiswa semester II Program Studi Teknik Informatika Universitas Cokroaminoto Palopo. Kelas eksperimen memperoleh perlakuan berupa Pembelajaran Kelompok dengan Tugas Individu sedangkan kelas Kontrol memperoleh perlakuan berupa pembelajaran konvensional. Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa yang memperoleh metode pembelajaran Pembelajaran Kelompok dengan Tugas Individu dengan mahasiswa yang memperoleh metode pembelajaran konvensional, (2) Apakah hasil belajar mahasiswa yang memperoleh metode pembelajaran Pembelajaran Kelompok dengan Tugas Individu lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang memperoleh metode pembelajaran konvensional, dan (3) Apakah peningkatan hasil belajar mahasiswa yang memperoleh metode pembelajaran Pembelajaran Kelompok dengan Tugas Individu lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang memperoleh metode pembelajaran konvensional. Uji-t untuk sampel independent merupakan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa yang memperoleh pembelajaran Pembelajaran Kelompok dengan Tugas Individu dengan mahasiswa yang memperoleh metode pembelajaran konvensional (2) Hasil belajar mahasiswa yang memperoleh pembelajaran Pembelajaran Kelompok dengan Tugas Individu lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang memperoleh metode pembelajaran konvensional, (3) peningkatan hasil belajar mahasiswa yang memperoleh metode pembelajaran Pembelajaran Kelompok dengan Tugas Individu lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang memperoleh metode pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Pembelajaran Kelompok dengan Tugas Individu, Hasil Belajar Matematika, Mahasiswa Non Matematika